23 Desember 2008

Nostalgia Sungai Gerong, pengalaman masa kecilku

Saya dilahirkan di sebuah desa kecil bernama Sungai Gerong, terletak di tepian Sungai Musi, kira-kira 20 km dari Kota Palembang. Sebagai anak dari keluarga Pertamina, maka sejak naik kelas 3 SD kami menempati rumah dinas di Kampung Baru yang terisolir dari dunia luar. Bermain, belajar, dan mencari pengalaman semuanya saya dapatkan dari lingkungan perumahan yang serba lengkap tersebut.

Sebuah kali (sungai) kecil di sisi boulevard menjadi saksi bisu akan ketangkasan saya memancing ikan betok yang rasanya sangat lezat. Hampir setiap hari saya menyusuri sungai kecil ini untuk memuaskan saya dalam hobi memancing. Dengan pepohonan rindang di boulevard tersebut menjadikan saya sangat betah dengan aktivitas tersebut sehingga tanpa terasa hari semakin gelap.

Selain memancing, hobi saya yang lain adalah berenang. Tentunya bukan di sungai Musi, tetapi di kolam renang yang disediakan oleh perusahaan. Dengan membayar biaya berlangganan yang sangat murah, saya dapat berenang sepuas hati di kolam renang yang airnya sangat bersih tersebut.

Setelah menjalani 6 tahun di SD Taman Muda 3 Taman Siswa, 3 tahun di SMP Yaktapena III, serta 3 tahun di SMA Yakapena 2 Sungai Gerong, akhirnya saya memutuskan untuk hijrah ke Bandung pada tahun 1986 mengikuti suara hati untuk bersekolah di sebuah perguruan tinggi di jalan Ganesha. Semua kenangan yang melekat selama masa kecil harus saya tinggalkan mengikuti suratan takdir. Dan tanpa terasa, saat ini sudah 22 tahun saya meninggalkan tanah kelahiran saya. Rasa kangen itu terkadang membuncah apalagi ketika saya teringat dengan teman-temen SMA saya. Wiwiek atau Florensia adalah sahabat terbaik saya sejak SD hingga tamat SMA. Hallo Wiek, kamu sehat-sehat aja kan ? Semoga berbahagia selalu bersama suami dan anakmu. Kapan ya kita kumpul-kumpul lagi makan pempek di Piko, mengenang kebersamaan kita selama 12 tahun.

Sungai Gerong. I am still loving you.

2 komentar:

  1. Salah satu teman mu.. adalah AKU..He..he..

    BalasHapus
  2. Saya juga alumni ganesha, masa kecil di Baguskuning, Baguskuning memang komplek kecil tapi kami punya monyet disini ahahahahahahaha

    BalasHapus